Jumat, 21 Agustus 2009 14:41 WIB Ekonomi Share :

Harga naik 10 persen, Mendag anggap wajar

Bandung–Menteri Perdagangan Mari Eka Pangestu menyatakan, persediaan sembako di Indonesia dipastikan aman hingga lebaran tahun ini. Kendati diprediksi ada kenaikan harga sebesar 10 persen, hal itu dinilai wajar.

Hal itu dikatakan Mari di sela kunjungan kerjanya di Pasar Caringin Bandung, Jumat (21/8). “Secara nasional stoknya aman, seperti beras, gula, cabe, itu juga dapat diantisipasi dan aman,” ujar Mari.

Ia menambahkan, kesiapan sembako di pasar diyakininya sudah diantisipasi oleh produsen dan para pedagang pasar sampai dengan lebaran bahkan tahun baru, kendati ada peningkatan sekitar 20 persen dari permintaan konsumen menjelang bulan puasa.

“Diprediksi awal puasa hingga lebaran ada kenaikan harga sebesar 10 persen, tapi ini masih dalam kondisi normal. Toh bila nanti ada harga tinggi, Pemda setempat harus melakukan pasar murah,” jelasnya.

Disinggung mengenai stok beras, Mari mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir, karena stokk beras yang saat ini tersimpan mencapai 6 juta ton dan diyakini mencukupi hingga akhir tahun 2009.

Pantauan di lokasi kunjungan kerja, Mari menyambangi beberapa pedagang pasar. Selain kunjungan ke Pasar Caringin rencananya menteri perdagangan juga akan meninjau komplek Pasar Baru di Jalan Otista dan sejumlah Distro.

dtc/fid

lowongan pekerjaan
PT.ARUTAMA BUMI STILINDO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…