Jumat, 21 Agustus 2009 14:43 WIB News,Haji Share :

Agar dideportasi, ribuan WNI di Arab Saudi demo

Jakarta--Sebanyak 1.068 warga negara Indonesia yang overstay di Arab Saudi melakukan aksi demonstrasi di KJRI Jeddah. Cara itu dilakukan agar mereka ditangkap dan dideportasi sehingga bisa pulang ke Indonesia tanpa mengeluarkan uang.

“Mereka melakukan demo untuk menarik perhatian pihak keamanan Arab Saudi,” kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri Teuku Faizasyah saat ditemui wartawan di Deplu, Jl Pejambon, Jakarta Pusat, Jumat (21/8).

Menurut Faizasyah, awalnya ada 568 WNI, terdiri dari 360 pria dan 208 wanita, yang melakukan demo pada Rabu 19 Agustus itu. Mereka ditangkap dan dibawa ke kantor Imigrasi.

“Mendengar hal itu, datang lagi 500 WNI bermasalah dengan tujuan yang sama,” kata Faizasyah.

Dikatakan dia, keseluruhan WNI yang ditangkap tersebut dikumpulkan di tempat penampungan. Pemerintah RI tengah mencari dana untuk memulangkan mereka ke Indonesia. Ada pula ada delegasi yang dikirim ke Arab Saudi supaya cara-cara yang tidak terpuji itu bisa dihentikan.

“Konsekuensinya kalau di penampungan itu untuk dideportasi,” pungkasnya.

Pekan lalu, Faizasyah menegaskan, WNI yang menjadi masalah sosial tersebut bukanlah TKI karena mereka menggunakan visa haji atau umroh. Mereka kemudian melarikan diri untuk mencari pekerjaan di sana.

“Cara-cara yang mereka yang mereka lakukan tidak terpuji, padahal sebagian besar dari mereka memiliki cukup uang. Tapi mereka ingin dideportasi untuk menekan biaya pulang,” paparnya.

dtc/fid

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…