News
Jumat, 21 Agustus 2009 - 17:15 WIB

286 SKL UNPK Program Paket C belum diambil

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Sebanyak 286 Surat Keterangan Lulus (SKL) Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) Program Paket C setara SMA belum diambil pemiliknya.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Pemerintah Kota Solo, Drs Rakhmat Sutomo MPd melalui Kepala Bidang Pendidikan Nonformal, Drs Wandowo MM saat ditemui Espos di ruang kerjanya, Jumat (21/8), mengatakan hingga kini jumlah SKL UNPK Program Paket C setara SMA yang sudah diambil mencapai 724 dari 1.010 SKL.

Advertisement

Dengan demikian, masih tersisa sebanyak 286 SKL yang belum diambil siswa. Menurut Wandowo, diduga sebanyak 286 siswa yang bersangkutan itu sebagian besar sudah berada di luar kota sehingga tidak mendapatkan informasi mengenai jadwal pengambilan SKL di Kantor Disdikpora.

Dalam jangka dekat, pihaknya akan meminta bantuan masing-masing pihak sekolah untuk mendistribusikan SKL itu kepada siswa yang bersangkutan.

Wandowo menilai, SKL hanya bersifat sementara lantaran akan diganti dengan ijazah UNPK. Menurutnya, sesuai dengan petunjuk teknis, ijazah UNKP akan diserahkan kepada masing-masing sekolah sebulan setelah pengambilan SKL. Selama pengambilan ijazah UNPK di masing-masing sekolah, pihaknya tidak memperkenankan adanya pungutan yang dilakukan pihak sekolah.

Advertisement

“Jika terdapat pihak sekolah yang melakukan pungutan atas nama Disdikpora, maka hal itu tidak dibenarkan,” tandas Wandowo.

Di sisi lain, Wandowo menilai, tingginya angka ketidaklulusan UNPK Program Paket B menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Seperti diketahui, angka ketidaklulusan UNPK Program Paket B mencapai lebih dari 50% yakni sebanyak 522 orang dari total peserta 1.316 orang. Wandowo meminta kepada pihak SMA atau SMK swasta terlanjur menerima siswa yang belum lulus UNPK untuk memberikan bimbingan khusus dalam rangka menghadapi UNPK gelombang II pada November nanti.

m82

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif