Kamis, 20 Agustus 2009 16:56 WIB Hukum Share :

Semester I/2009, 533 kasus pidana terjadi di Polwil Surakarta

Solo (Espos)–Selama periode Januari-Juli 2009 tindak pidana menonjol yang terjadi di wilayah hukum Polwil Surakarta mencapai 533 kasus.

Dari jumlah tersebut 470 kasus atau 88%-nya telah tuntas. Hal tersebut diungkapkan Kapolda Jateng Irjen Pol Alex Bambang Riatmodjo saat membacakan amanat dalam upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kapolwil Surakarta di Lapangan Kota Barat Solo, Kamis (20/8).

“Yang mendominasi adalah pencurian dengan pemberatan. Kalau kecelakaan mencapai 794 kasus yang mengakibatkan 101 meninggal, 155 luka berat dan 1.283 luka ringan,” ungkap Kapolda.

Kapolda menambahkan, untuk pelanggaran lalu lintas tercatat ada 62.363 pelanggaran. Dalam kesempatan tersebut secara resmi Kombes Pol Taufik Ansorie digantikan oleh Kombes Pol Erry Subagyo. Taufik akan menempati pos baru sebagai Sekretaris Lembaga Pendidikan (Seslemdik) Akademi Kepolisian, sedangka Erry sebelumnya menjabat Kepala Korps Siswa di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK).

Alex mengingatkan, wilayah Soloraya merupakan kawasan penyangga Semarang dengan tingkat kepadatan penduduk yang cukup tinggi. Selain itu, imbuh dia, Soloraya juga berbatasan dengan dua Polda lainnya Polda Jatim dan Polda DIY.

“Semua kerawanan yang ada harus diantisipasi,” kata dia.

Dia mengungkapkan, pelaksanaan Pipres di Soloraya juga telah berjalan kondusif karena berkat dukungan masyarakat. Alex mengatakan, selama 14 bulan menjabat sebagai Kapolwil, Taufik telah menunjukkan kinerja yang baik.

Kapolda mengharapkan, Erry dapat meningkatkannya dan segera memahami karakteristik wilayah Soloraya. Bahkan, Alex menegaskan, Kapolwil yang baru juga harus melakukan pemeriksaan internal dan konsolidasi sehingga dapat meningkatkan kinerja kepolisian Soloraya.

“Tentu kemitraan dengan semua komponen masyarakat harus dilanjutkan,” terang Kapolda.

Seusai upacara Sertijab, Alex mengharapkan, semua masyarakat dapat menjaga kondusivitas menjelang puasa dan Lebaran.

dni

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….