Kamis, 20 Agustus 2009 18:41 WIB Sukoharjo Share :

Mediasi buruh dan manajemen Suwastama dilakukan pekan depan

Sukoharjo (Espos)–Mediasi antara buruh serta manajemen PT Suwastama Kartasura yang difasilitasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sukoharjo diagendakan pekan depan.

Kabid Ketenagakerjaan dan Hubungan Industrial Disnakertrans Sukoharjo, Langgeng Wiyana mengatakan, mediasi dilakukan untuk mencari solusi atas tuntutan para buruh Suwastama yang belum bisa terselesaikan dalam perundingan bipartit.

“Harapannya hanya perlu satu kali mediasi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Tapi jika dibutuhkan, mediasi bisa dilakukan lebih dari sekali,” jelasnya saat dihubungi Espos, Kamis (20/8).

Saat ditanya kapan jadwal pasti mediasi, Langgeng mengatakan pekan depan tanpa menyebutkan hari.

“Kebetulan saya sedang bertugas di luar kota jadi yang membuat jadwal rekan saya. Mungkin besok baru bisa saya informasikan kepastian harinya,” kata dia. Langgeng menuturkan, mediasi mengambil tempat di Disnakertrans sebagai lokasi netral untuk mempertemukan kepentingan kedua belah pihak.

Sementara, Ketua Pimpinan Komisariat (PK) Federasi Garteks Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Suwastama, Sarmanto mengaku siap menghadapi mediasi.
Seperti diberitakan, puluhan buruh Suwastama baru-baru ini berunjuk rasa menuntut pengangkatan buruh kontrak menjadi buruh tetap atau penghapusan kontrak kerja waktu tertentu (KKWT).

Selain itu, mereka meminta pemberian upah sesuai standar upah minimum kabupaten (UMK) untuk pekerja borongan, upah cuti serta cuti haid, pembayaran upah selama diliburkan, penghapusan sistem pemutihan masa kerja dan upah tetap dibayar pada hari libur nasional.

rei

lowongan kerja
SOCIAL KITCHEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…