Rabu, 19 Agustus 2009 12:29 WIB News Share :

Truk terbalik, 25 Orang tewas

Sampit–Sebanyak 25 orang tewas saat sebuah truk yang mengangkut sekitar 90 buruh perkebunan sawit PT Maju Aneka Sawit Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah, terbalik ke parit Selasa (18/8) malam.

“Para korban yang tewas itu karena terperangkap dalam bak truk yang terperosok ke dalam parit berlumpur dengan posisi terbalik dan roda di atas,” kata Jumiati, seorang korban selamat yang ditemui di RSUD dr Murjani Sampit, Rabu (19/8).

Menurut Jumiati, banyaknya korban tewas disebabkan sebagian besar rekannya kesulitan ke luar dari bak truk hingga akhirnya terendam ke dalam parit berlumpur selebar tiga meter.

Dia mengatakan, jumlah penumpang yang diangkut terlalu banyak yakni sekitar 90 orang belum termasuk barang-barang belanjaan milik para korban.

Saat itu, katanya, truk dalam perjalanan pulang menuju “basecamp” divisi 4 perkebunan sawit PT Maju Aneka Sawit,  sekitar pukul 21.00 WIB.

“Setelah mereka berbelanja kebutuhan sehari-hari di pasar dadakan, mereka semua mendapat pinjaman dari perusahaan masing-masing sebesar Rp 150.000,” katanya.

Jumiati mengungkapkan, dirinya tidak mengetahui secara pasti kronologis kejadian tersebut.

Truk tersebut tiba-tiba saja terbalik saat Rahman, sopir truk berupaya menghindari sebuah tumpukan material yang menutup badan jalan, katanya.

Jumiati mengakui, banyaknya korban yang tewas akibat lambannya pertolongan yang diberikan kepada korban terutama oleh pihak perusahaan.

“Padahal lokasi kejadian hanya berjarak beberapa blok saja dari ‘basecamp’ induk perusahaan,” ungkapnya.

Selama menunggu pertolongan, para korban yang selamatlah yang berupaya melakukan evakuasi di tengah suasana malam yang gelap gulita itu, tambah Jumiati.

Seluruh korban yang cidera dirujuk ke RSUD dr Murjani Sampit untuk menjalani perawatan dan identifikasi bagi korban tewas.

ant/fid

lowongan pekerjaan
Harian Umum SOLOPOS Account Executive, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….