Soloraya
Rabu, 19 Agustus 2009 - 18:38 WIB

Pergantian Caleg PDIP disahkan Gubernur

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Karanganyar (Espos)–Proses pergantian calon anggota legislatif (Caleg) asal PDIP Karanganyar akhirnya mendapatkan pengesahan dari Gubernur Jateng Bibit Waluyo di Semarang.

Pada Selasa (18/8) malam, surat keputusan yang berisi daftar nama Caleg terpilih sudah diambil Sekretaris DPRD Karanganyar, Achmad Sapari. Dalam SK itu disebutkan juga keabsahan pergantian Caleg terpilih dari daerah pilihan (Dapil) II, Suprihatin, kepada Caleg Dapil IV, Sumanto, yang juga Ketua DPC PDIP setempat.

Advertisement

“SK-nya sudah jadi dan sudah ada di Sekwan. Jadi Sumanto sudah sah menggantikan Suprihatin sebagai Caleg terpilih yang selanjutnya akan dilantik pada 28 Agustus mendatang,” kata Sekretaris DPC PDIP Karanganyar, Paryono, kepada wartawan di Karanganyar, Rabu (19/8).

Ditegaskannya, tidak ada alasan untuk membatalkan usulan penggantian Caleg itu. Sebab secara prosedural dan aturan yang ada, semuanya sudah ditempuh dan dipenuhi PDIP.

“Sekarang semuanya sudah clear, tinggal persiapan internal partai untuk acara pelantikan nanti. Malam ini kami akan menggelar rapat pleno pengurus untuk menentukan siapa yang akan menjadi ketua sementara dan juga nantinya Ketua DPRD Karanganyar,” tandas Wakil Bupati Karanganyar ini.

Advertisement

Mengacu pada peraturan yang berlaku, PDIP sebagai partai peraih kursi terbanyak pada Pemilu legislatif memang dipastikan akan mendapat jatah kursi Ketua DPRD Karanganyar periode 2009-2014. Oleh karenanya, pihaknya perlu menyiapkan hal itu kendati semua Caleg terpilih sama-sama memiliki peluang untuk menjadi calon ketua. Namun kembali pada SK No 411 DPP PDIP, sudah jelas disebutkan bahwa Ketua DPC PDIP yang akan menjabat sebagai Ketua DPRD, jika terpilih.

dsp

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Caleg PDIP Pergantian
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif