Rabu, 19 Agustus 2009 17:34 WIB Ekonomi Share :

Laju pembiayaan BSM semester I 2009 turun

Solo (Espos)–Laju pembiayaan Bank Syariah Mandiri (BSM) selama semester pertama tahun 2009 menurun. Pada akhir Juni 2009, <I>financing to deposit ratio<I> (FDR) BSM tercatat sebesar 87%, lebih rendah dibanding FDR pada akhir Desember 2008 yang sebesar 90%.

Penurunan tersebut diakui Direktur Treasury and Fund BSM, Sugiharto ketika ditemui wartawan di sela-sela acara <I>Card Education Campaign Day<I> yang diselenggarakan di Auditorium Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Rabu (19/8).

“Terjadinya krisis ekonomi global juga membawa dampak terhadap penyaluran pembiayaan melalui Bank Syariah Mandiri karena ketidakstabilan ekonomi tersebut membuat kami harus selektif dan berhati-hati dalam penyalurannya,” ungkap Sugiharto.

Namun bila dilihat dari tingkat <I>non performing financing<I> (NPF), Sugiharto menyebutkan pada akhir Juni 2009 tersebut NPF BSM tercatat sebesar 1,9%. Hal tersebut menurut Sugiharto, berarti tingkat kredit macet di BSM sangat rendah.

Disebutkan Sugiharto, hingga akhir Juni tersebut BSM telah menyalurkan dana untuk pembiayaan hingga senilai Rp 14,3 triliun. “Posisi terbesar dana pembiayaan tersebut dari kalangan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yakni sekitar 53% dari jumlah keseluruhan dana yang disalurkan untuk pembiayaan tersebut,” terang Sugiharto.
sry

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…