Selasa, 18 Agustus 2009 14:14 WIB Internasional Share :

Mantan Presiden Korsel Kim Dae-Jung meninggal

Seoul–Mantan presiden Korea Selatan, Kim Dae-Jung, Selasa meninggal dunia pada usia 83 tahun, kata seorang juru bicara rumah sakit di Seoul.

“Dia dinyatakan tutup usia pada pukul 13:43 waktu Seoul,” kata juru bicara Severance Hospital, Seoul kepada AFP.

“Jantungnya mulai lemah pada pukul 13:35 waktu setempat dan kemudian berhenti beberapa menit kemudian, meskipun kami berusaha untuk menolongnya.”

Kim Dae-Jung memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian atas jasanya memperantarai pertemuan tingkat tinggi pertama antara pemimpin-pemimpin Korea yang saling bermusuhan.

Kim, menurut Reuters meninggal dalam usia 85 tahun. Dia adalah tokoh besar Korea Selatan dalam memperjuangkan demokrasi.

Kim juga dikenal luas di masyarakat internasional pada saat dia mengadakan pertemuan di Pyongyang pada tahun 2000, dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-Il.

Pertemuan kedua pemimpin membantu menghangatnya kembali hubungan kedua negara, yang secara resmi masih dalam status perang, karena konflik mereka pada 1950-53 hanya diakhiri dengan gencatan senjata.
Ant/tya

LOWONGAN PEKERJAAN
Administrasi ( Wanita ) & Manager ( Pria), informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…