Selasa, 18 Agustus 2009 19:14 WIB Klaten Share :

Lurik dan reog meriahkan karnaval di Klaten

Klaten (Espos)–Ribuan warga Kabupaten Klaten dari berbagai wilayah memadati Jalan Protokol mulai dari GOR Gelarsena sampai depan rumah dinas (Rumdin) Bupati Klaten, Sunarna SE MHum, Selasa (18/8) siang.

Kedatangan mereka untuk menyaksikan Karnaval dan Pawai Kendaraan Bermotor dalam rangka memperingati HUT ke-64 Kemerdekaan RI. Terik matahari tak menyurutkan langkah anak-anak sampai orangtua untuk menyaksikan jalannya acara.

Sebelum peserta Karnaval dan Pawai Kendaraan Bermotor tiba di depan Rumdin yang merupakan panggung kehormatan, sebuah kendaraan Pemadam Kebakaran menyemprotkan air ke jalan untuk sebagai upaya agar jalan tidak berdebu dan lebih adem. 

Sekitar pukul 14.30 WIB, satu persatu peserta pawai kendaraan tiba di depan Rumdin. Setelah itu, disusul puluhan grup <I>drumband<I> dari TK dan SD yang tak kalah menarik perhatian penonton. Bupati Klaten dan Wakil Bupati Klaten, Samiadji SE MM beserta istri tampak melambaikan tangan dan menebar senyum serta melambaikan tangan kepada peserta karnaval dan pawai.

Di panggung kehormatan juga terlihat pejabat dari eksekutif dan kegislatif yang hadir pada kesempatan itu. Selain <I>drumband<I>, masyarakat pun mendapatkan hiburan lain dari atraksi reog, Emansipasi Pecinta Alam (Emapal) SMAN 1 Klaten. Saat kelompok Reog Turonggo Mudo dari Desa Burikan Kecamatan Cawas tampil, beberapa penonton sempat mundur dari tempat mereka menonton karena khawatir terkena lecutan.

Saat beberapa anggota Emapal melakukan atraksi panjat tebing, penonton sempat terpana dengan kesigapan dan kecepatan dari pemanjat tebing beserta pendukungnya. Produk asli Klaten yang sedang <I>ngetrend<I> yaitu batik lurik juga ditampilkan pada acara itu.

Sementara itu, Ketua Panitia Karnaval dan Pawai, Drs Purwanto AC MSi mengatakan, ada ratusan peserta yang mengikuti kegiatan tersebut mulai dari peserta yang berjalan kaki, sepeda motor dan mobil.

“Selain untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan, pawai itu juga untuk menyampaikan pesan-pesan dari berbagai pihak sekaligus memperkenalkan produk,” kata Purwanto.
nad

lowongan pekerjaan
NUSANTARA SAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….