Senin, 17 Agustus 2009 12:10 WIB News Share :

Upacara HUT ke-64 RI di Istana Merdeka tanpa dihadiri seluruh mantan presiden

Jakarta–Upacara peringatan HUT ke-64 RI yang berlangsung di Istana Merdeka tidak dihadiri satupun mantan presiden. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) tak hadir karena sakit. Megawati Soekarnoputri tanpa konfirmasi. Sementara BJ Habibie saat ini sedang berada di Jerman.

“Para mantan presiden semuanya tidak hadir, tapi kalau mantan wapres hadir, seperti Pak Try Sutrisno, Pak Hamzah Haz,” ujar Mensesneg Hatta Radjasa sebelum upacara di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (17/8).

Menurut Hatta, ketidakhadiran para mantan presiden itu karena masing-masing berhalangan, kecuali Megawati. Meskipun sudah diundang, Megawati tidak memberi keterangan apakah hadir atau tidak.

Terhadap cawapres seperti Prabowo Subianto, Hatta belum bisa memastikan apakah diundang atau tidak.
“Belum tentu tidak diundangnya, tapi yang jelas saat ini belum kelihatan,” kata dia.

Pada upara HUT ke-64 RI tahun lalu 2008 lalu, hanya Gus Dur saja yang datang, memskipun pada saat itu kondisinya tidak terlalu fit. Sementara Megawati dan Habibie tidak datang.

Pukul 09.25 WIB, sejumlah pejabat sudah mulai berdatangan ke lokasi upacara. Di antaranya adalah Jaksa Agung, para menteri Kabinet Indonesia Bersatu dan para anggota dewan.

dtc/fid

LOWONGAN PEKERJAAN
FORTUNA STEEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…