Senin, 17 Agustus 2009 15:09 WIB Ekonomi Share :

Mendag tak akan lakukan OP selama Ramadan

Jakarta–Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan selama bulan puasa mendatang tidak akan melakukan operasi pasar (OP)untuk menekan kenaikan harga sejumlah barang kebutuhan pokok.
    
“Operasi pasar tidak ada, tetapi diadakan pasar murah. Itu sudah dikoordinasikan dengan seluruh daerah,” kata Mendag usai mengikuti upacara Proklamasi 17 Agustus di halaman Istana Merdeka Jakarta, Senin (17/8).
    
Menurutnya, jika menjelang lebaran terdapat gejolak kenaikan harga barang kebutuhan pokok, maka pihaknya akan segera meneliti apakah kenaikannya karena berkurangnya stok atau karena gangguan distribusi.
    
“Jika terjadi kenaikan karena spekulasi para pedagang itu harus diambil tindakan, sementara kalau karena ada gangguan distribusi kita cari langkah lain,” katanya.
    
Dikatakan Mendag, selama bulan puasa ini, produsen kebutuhan pokok biasanya telah menambah stok barangnya sebanyak 20 persen dan biasanya mereka menyiapkan stok yang lebih dari 20 persen.
    
Menjelang bulan puasa yang dimulai akhir pekan ini, sejumlah barang kebutuhan pokok sudah mengalami kenaikan seperti minyak goreng dan tepung terigu.

ant/fid

lowongan pekerjaan
PT. DISTRIVERSA BUANAMAS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….