Minggu, 16 Agustus 2009 13:03 WIB News Share :

Pasien flu babi di Indonesia capai 854 orang

Jakarta–Jumlah penderita virus influenza A H1N1 di Indonesia terus bertambah. Data terbaru Departemen Kesehatan menyebut ada 854 orang yang positif mengidap virus H1N1.

Badan Litbangkes Depkes tertanggal 14 Agustus 2008 kemarin melaporkan adanya tambahan 16 orang yang positif mengidap penyakit tersebut.

“Secara kumulatif kasus positif influenza A H1N1 berjumlah 854 orang,” ujar Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Depkes, Tjandra Yoga Aditama,Sabtu (15/8) malam.

Tjandra menjelaskan, penyakit tersebut sangat rentan menular lewat kontak langsung antar manusia melalui batuk, bersin atau benda-benda yang pernah bersentuhan dengan penderita. Tjandra berharap, masyarakat dapat terus menerapkan cara hidup sehat.

“Di antaranya, mencuci tangan dengan sabun atau antiseptik, bila batuk dan bersin tutup hidung dengan sapu tangan atau tisu. Jika ada gejala Influenza minum obat penurun panas, gunakan masker dan tidak ke kantor atau sekolah atau tempat-tempat keramaian,” paparnya.

Pemerintah juga akan terus meningkatkan kesigapannya dalam mengantisipasi wabah ini. Antara lain dengan penguatan Kantor Kesehatan Pelabuhan (thermal scanner dan Health Alert Card), penyiapan RS rujukan, penyiapan logistik, hingga penguatan pelacakan kontak.
dtc/tya

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…