Sabtu, 15 Agustus 2009 19:25 WIB News Share :

KPU tegaskan tak akan ubah perolehan kursi tahap kedua

Jakarta–Desakan agar KPU melaksanakan putusan Mahkamah Agung (MA) tentang penghitungan kursi DPR tahap kedua kembali digaungkan. Namun KPU menegaskan tidak akan mengubah perolehan kursi tahap kedua yang telah ditetapkan.

“Tahap kedua sudah benar. Hanya tahap ketiga yang agak berbeda,” kata anggota KPU Andi Nurpati di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta, Sabtu (15/8).

Menurut Andi, cara menghitung kursi tahap kedua yang dituangkan dalam Peraturan KPU Nomor 15/2009 sudah sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Karena itu perolehan kursi tahap kedua yang dicantumkan dalam Surat Keputusan KPU Nomor 259 tahun 2009 sudah benar dan tidak akan diubah.

“Keputusan KPU sudah sejalan dengan putusan MK. Dan dalam salah satu poin putusan MK dinyatakan segala peraturan peradilan yang tidak sesuai dengan putusan MK tidak berlaku,” kata Andi.

Sebelumnya 115 caleg dari berbagai parpol, antara lain Partai Demokrat, Golkar, dan PDIP, mendesak KPU melaksanakan putusan MA tersebut. Mereka menilai, putusan MK atas uji materiil pasal 205 ayat (4) UU Pemilu yang berimplikasi pada Peraturan KPU Nomor 15/2009 justru mengakibatkan kekacauan hukum.

dtc/fid


lowongan pekerjaan
Harian Umum SOLOPOS Account Executive, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….