Sabtu, 15 Agustus 2009 21:05 WIB Boyolali Share :

Aktivitas pendakian ke Merapi diprediksi meningkat

Boyolali (Espos)–Aktivitas pendakian ke Gunung Merapi dan Merbabu, pada malam menjelang peringatan HUT ke-64 Kemerdekaan RI 17 Agustus tahun ini, diperkirakan meningkat dibanding tahun sebelumnya.

Prediksi ini muncul, karena sejumlah gunung di Jawa Tengah, ditutup untuk aktivitas pendakian menjelang peringatan momentum bersejarah bangsa Indonesia tersebut.

Kemungkinan besar adanya kenaikan jumlah pendaki, telah diantisipasi petugas dari Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGM) Boyolali dengan menyiapkan petugas untuk berjaga di setiap pos pintu masuk pendakian yang terdapat di Gunung Merbabu.

“Kami menyiapkan petugas untuk mengamankan wilayah menjelang HUT RI,” ucap Kasi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Kopeng, Agus Haryadi didampingi staf lapangan, Sukimin dan Amat Bintoro, ditemui Espos, baru-baru ini.

Menurut mereka, tidak ada penutupan untuk pendakian di wilayah BTNGM, sebab situasi saat ini tidak membahayakan.

Untuk mendaki ke Merbabu terdapat lima pintu pendakian, yaitu lewat Tekelan dan Cuntel, keduanya di wilayah Getasan, Kabupaten Semarang; Candisari, Kecamatan Ampel dan Selo Boyolali atau dapat pula melalui Wekas, Kabupaten Magelang.

Staf lapangan Sukimin, menambahkan berdasarkan pengalaman tahun lalu jumlah masyarakat yang mendaki Merbabu menjelang 17 Agustus berkisar ratusan orang. Kenyataan tersebut perlu diimbangi dengan kesiapan petugas.

Saat ini, kata ia, pihaknya telah menjalin komunikasi dengan seluruh petugas di pos pendakian untuk menyambut para pendaki. Guna mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, misal kebakaran hutan, pihak BTNGM akan melakukan pengawasan aktivitas pendakian. Petugas akan membagikan selebaran sosialisasi sebelum para pendaki naik.

Para pendaki juga akan diperiksa barang bawaannya sebelum naik dan saat turun. Barang-barang yang dilarang dibawa naik akan diamankan, antara lain senjata tajam dan minuman keras. Para pendaki juga dilarang membuat api di sembarang tempat.

dwa

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…