Sabtu, 15 Agustus 2009 16:25 WIB News Share :

Akpol terima 400 calon taruna

Semarang–Wakapolri Komjen Makbul Padmanagara menyatakan akademi kepolisian (Akpol) Semarang menerima 400 calon taruna pada tahun ajaran 2009.

“Untuk tahun ajaran kali ini, akpol menerima 400 calon taruna atau meningkat sekitar 100 orang dari tahun kemarin yang hanya menerima 300 calon taruna,” katanya saat berada di Akpol Semarang, Sabtu (15/8).

Menurut dia, peningkatan jumlah taruna yang diterima ini untuk memenuhi animo masyarakat yang cukup tinggi.

“Selain itu juga berdasarkan hasil evaluasi internal Polri dan berbagai masukan dari pihak yang berkompeten, maka jumlah taruna yang diterima Akpol pada tahun ajaran ini mengalami peningkatan,” ujarnya.

Dijelaskannya, pendaftar Akpol dari lulusan SMU merupakan jumlah terbesar yaitu 12.040 orang dari 13.756 pedaftar yang telah masuk, sisanya dari sarjana Srata 1 (S1) dan Srata 2 (S2)

“Jadi hampir 85 persen peminat Akpol adalah lulusan SMU,” jelasnya.

Dia mengatakan, dari 400 calon taruna yang diterima, 328 adalah lulusan SMU sedangkan sisanya 72 orang lulusan sarjana.

“Pada tahun ini kita meminta kepada pemerintah dan DPR agar jumlah taruna yang diterima bisa bertambah dan hal tersebut disetujui dengan melihat potensi yang ada,” katanya.

Rencananya, lanjut dia, dari 400 calon taruna yang diterima, 100 taruna terdiri atas sarjana S1 dan S2, dan 300 taruna merupakan lulusan SMU.

“Namun dari hasil seleksi ketat yang telah kita lakukan, taruna yang memenuhi syarat sarjana S1 maupun S2 hanya berjumlah 72 taruna, sehingga kita mengambilkan kekurangannya dari lulusan SMU. Tentunya dengan tetap menjalani seleksi yang cukup ketat dari kita,” ujarnya.

Wakapolri menambahkan, kekuatan Polri saat ini hampir mencapai 400 ribu personel. “Sehingga pada masa mendatang dengan melihat kebutuhan yang mendesak dan mendasar kita memerlukan perwira-perwira dengan kemampuan yang bagus,” katanya.

ant/fid

lowongan pekerjaan
PT.ARUTAMA BUMI STILINDO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…