News
Jumat, 14 Agustus 2009 - 14:53 WIB

LIPI ciptakan alat ukur curah hujan online

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Bandung–Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) membuat terobosan dalam pengukuran curah hujan. Alat yang dinamakan dengan Stasiun Pengukuran Curah Hujan ini mampu mencatat curah hujan, dan dalam hitungan menit bisa langsung diakses melalui internet. Sehingga potensi banjir bisa dideteksi sejak dini.

“Kami mulai penelitian sejak 2007. Sensor jadi duluan, baru tahun lalu interfacenya jadi. Kami prihatin karena yang ada sekarang database cuaca warisan Belanda,” kata Tigor Nauli, Kepala Pusat Penelitian Informatika LIPI Bandung, di Kantor Kecamatan Cilengkrang, Bandung, Jawa Barat, Jumat (14/8), di mana alat ini berada.

Advertisement

Menurut Elli A. Gojali, peneliti bidang komputer LIPI, alat yang BMG saja belum mempunyainya, berbeda dengan alat pengukur curah hujan sebelumnya. Bedanya, dulu mengggunakan gelas ukur, sehingga tidak bisa disambungkan ke alat elektronik. “Tiap pagi orang mengambil gelas ukur itu dan mengukurnya,” tuturnya.

Kalau alat yang investasinya Rp 10 juta ini, memiliki dua bejana kecil. Keduanya akan berjungkit-jungkit ketika ada air yang masuk. Gerakan inilah yang menghasilkan pulsa elektrik. Kemudian, pulsa elektrik ini lewat interface dikirim ke server.

“Dari situ orang sudah bisa mengakses data curah hujan per milimeter. Orang bisa melihat data real time per 3 menit,” tandasnya.

Advertisement

Data ini sangat berguna, karena daerah Cilengkrang merupakan daerah hulu. Selama ini kalau Cilengkrang hujan deras, daerah hilirnya berpotensi besar banjir.

“Yang berpotensi kena banjir kalau di sini hujan adalah Gedebage Bandung Timur. Kalau grafik sudah menunjukkan data di atas 50 milimeter, mereka sudah siap-siap,” katanya.

Adapun, stasiun pengukur curah hujan ini, lanjut Tigor terdiri dari sensor curah hujan berstandar World Meteorological Organization (WMO), dua interface pengubah sinyal, jalur komunikasi dan software pengendali berbasis open source. “Ke depan kami akan mengembangkan sensor yang lain dan jalur komunikasinya menggunakan wireless supaya bisa dipasang di perkebunan. Sekarang masih memakai kabel,” papar Tigor.

Advertisement

Dengan tambahan alat tersebut dan penambahan beberapa APCH kita bisa membuat stasiun cuaca kecil. Dengan demikian, tambah Tigor, bukan hanya curah hujan yang bisa diukur tapi juga suhu, kelembaban, dan kecepatan angin.

“Sehingga kemungkinan terjadinya banjir, perubahan suhu, kapan periode suatu daerah itu kering atau basah, dan lain-lain sudah bisa kita prediksi. Kalau sudah begini kita sudah berkembang ke Sistem Informasi Cuaca,” harap Tigor.

kompas/fid

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif