Kamis, 13 Agustus 2009 12:33 WIB News Share :

TNI bantah latih kelompok bersenjata di Timika

Jayapura–Panglima Kodam XVII Cenderawasih Mayjen TNI A.Y Nasution membantah isu yang menyatakan TNI melatih warga atau kelompok bersenjata di Timika yang sering mengganggu  kawasan PT.Freeport Indonesia , di Timika.

“Tidak benar TNI melatih warga atau kelompok kriminal yang saat ini melakukan penembakan disejumlah lokasi dikawasan Freeport,” tegas Pangdam Cenderawasih di Polimak, Jayapura, Kamis (13/8).

Mayjen Nasution menegaskan memang sangat mudah memojokkan TNI dalam setiap insiden yang terjadi termasuk yang terjadi di Timika.

Walaupun demikian, pihaknya akan melakukan penyelidikan termasuk benar tidaknya terjadi rekrutmen terhadap masyarakat pasca kasus penyanderaan Mapenduma tahun 1996 dan merekalah yang saat ini melakukan penyerangan bersenjata, tegas Pangdam Cenderawasih.

Ia juga mengakui, hasil olah TKP yang dilakukan Polri mengungkapkan bahwa kelompok bersenjata yang berhasil ditangkap nampak terlatih seperti halnya anggota TNI atau Polri.

Saat dilakukan olah TKP, posisi menembak yang diperlihatkan anggota kelompok yang tertangkap seperti saat prajurit menembak, ungkap Mayjen Nasution.

ant/fid

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…