Kamis, 13 Agustus 2009 18:58 WIB Pendidikan Share :

Perda pendidikan gagal, MPPS nilai Dewan setengah hati

Solo (Espos)–Masyarakat Peduli Pendidikan Solo (MPPS) menilai DPRD Kota Solo periode 2004/2009 setengah hati dalam upaya menyusun Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pendidikan.

Penilaian itu disampaikan Koordinator MPPS, Hastin Dirgantari saat dihubungi Espos, Kamis (13/8). Menurut Hastin, belum ditetapkannya Perda pendidikan merupakan bukti ketidakseriusan dewan dalam mengemban amanat rakyat.

Ia menilai, anggota dewan hanya sekadar mempunyai inisiatif atau ide-ide cemerlang dalam upaya meningkatkan kemajuan di bidang pendidikan, akan tetapi hal itu tidak dibarengi dengan keseriusan dalam merealisasikannya.

“Sebenarnya niat mereka dalam membangun bidang pendidikan itu ada setelah mereka dilantik, akan tetapi mereka tidak sungguh-sungguh atau setengah hati dalam menjalani niat hingga masa jabatan mereka berakhir” papar Hastin.

Dalam hal ini, Hastin mengaku sangat kecewa dengan kinerja dewan. Sebenarnya pihaknya sudah berupaya membantu dewan dengan mengusulkan draf Raperda pendidikan sejak bulan April lalu. Dalam draf Raperda usulan MPPS itu di antaranya membahas beberapa konsep diantara persoalan dana pendidikan, pengadaan buku ajar, pengadaan lembar kerja siswa (LKS), dan lain-lain.

“Kami sudah susah payah menyusun draf Raperda pendidikan itu. Akan tetapi, sejak kami memberikan draf itu memang sedikit anggota dewan yang merespon baik usulan kami,” tandas Hastin.

Sementara itu, Ketua Dewan Pendidikan Kota Solo (DPKS), Drs H Ichwan Dardiri mengatakan gagal ditetapkannya Perda pendidikan itu memupus harapan masyarakat akan adanya payung hukum yang mengatur bidang pendidikan di Kota Solo.

m82

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…