Kamis, 13 Agustus 2009 17:24 WIB Ekonomi Share :

Menkeu
Ekonomi kuartal III di atas 4 persen

Jakarta–Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan optimismenya bahwa pertumbuhan ekonomi selama kuartal III 2009 akan berada di atas 4,0 persen.

“Berdasarkan kondisi kuartal II, kita optimistis pertumbuhan ekonomi kuartal III lebih baik dari kuartal II,” kata Menkeu usai pelantikan pejabat eselon II di lingkungan Depkeu di Jakarta, Kamis (13/8).

Menurut Menkeu, kegiatan ekspor, impor, dan investasi pada kuartal III 2009 kemungkinan besar akan memiliki tingkat pertumbuhan yang lebih baik dari kuartal II sehingga secara keseluruhan pertumbuhan ekonomi pada kuartal III akan lebih baik dari kuartal II.

Mengenai berapa besarnya angka pertumbuhan ekonomi kuartal III 2009, Menkeu mengatakan, jika pada kuartal II mencapai 4,0 persen maka pada kuartal III diharapkan di atas angka itu.

“Diperkirakan pertumbuhan konsumsi masih akan tetap bagus, investasi juga akan lebih baik,” katanya.

Sementara itu menanggapi usulan permintaan agar defisit RAPBN 2010 dinaikkan dari 1,6 persen menjadi 2,0 persen, Menkeu mengatakan, yang penting bukan size (jumlahnya) tetapi kebutuhannya untuk bidang apa.

“Kita akan lihat saja kebutuhannya untuk bidang apa saja, karena kalau defisit nambah itu akan menambah jumlah utang,” katanya.

Ia mengatakan, pihaknya akan mempelajari proposal mengenai apa yang dibutuhkan untuk mendukung dan mendorong pemulihan pertumbuhan ekonomi.

ant/fid

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…