News
Kamis, 13 Agustus 2009 - 12:31 WIB

Gedung sekolah runtuh, 1 Siswa tewas

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pesawaran–Bangunan gedung SDN 3 Karang Anyar, Kecamatan Gedung Tataan, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, runtuh Rabu sore (12/8), pukul 15.00 WIB, dan menyebabkan seorang siswa kelas IV sekolah itu, Doni, tewas tertimpa reruntuhan.

“Saat itu sudah pulang sekolah, Doni dan teman-temannya sedang beristirahat usai bermain bola di lapangan sekolah, tiba-tiba dinding kelas 1 dan kelas 2 runtuh, dan menimpa Doni,” kata Wali salah satu kelas SDN 3 Karang Anyar, Siti Sadiyah, di Pesawaran, Kamis (13/8).

Advertisement

Doni tewas saat hendak dibawa ke Puskesmas Gedong Tataan oleh pihak sekolah, namun nyawanya tidak tertolong karena kehabisan oksigen.

“Ayah Doni, Turahno, sudah kami hubungi, dan mengaku sudah ikhlas dan menerima kematian Doni sebagai musibah,” kata dia.

Bangunan sekolah itu, menurut dia, memang sudah bobrok karena sudah berusia cukup tua, yang dibangun pada tahun 1984, dan belum pernah dilakukan renovasi.

Advertisement

SDN 3 Karang Anyar merupakan SD Impres dengan lima ruang kelas dan satu ruang perumahan untuk guru, yang saat ini dirubah menjadi ruang belajar untuk siswa kelas enam.

Sejumlah anggota DPRD Pesawaran saat ini sedang meninjau langsung lokasi reruntuhan yang diduga karena sudah termakan usia itu.

Salah satu anggota Komisi B DPRD Pesawaran, Lahmudin, menyatakan, pihaknya telah mendesak pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Pesawaran untuk membuat basis data sekolah rusak di kabupaten itu.

Advertisement

“Ini adalah masalah yang sangat mendesak, karena akan ada sekolah-sekolah lain yang fisik bangunannya terancam runtuh, karena tidak pernah dilakukan renovasi,” kata dia.

Bahkan, dia menambahkan, SDN 3 Karang Anyar sudah delapan kali mengajukan permohonan perbaikan gedung fisik sekolah kepada Dinas Pendidikan setempat, namun tidak ditanggapi.

“Sebaiknya, renovasi terhadap sekolah itu segera dilaksanakan, karena kondisi gedung sudah sangat rentan,” kata dia.

ant/fid

Advertisement
Kata Kunci : Gedung Sekolah Runtuh
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif