News
Kamis, 13 Agustus 2009 - 17:21 WIB

DPR: Pemerintah belum ajukan calon gubernur BI

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Ketua DPR RI, Agung Laksono mengemukakan, pemerintah belum mengajukan ke DPR nama-nama yang akan diusulkan menjadi calon Gubernur Bank Indonesia (BI).

“Sampai hari ini, saya belum menerima surat usulan dari pemerintah,” kata Agung Laksono kepada pers di Gedung DPR/MPR/DPD di Senayan Jakarta, Kamis (13/8).

Advertisement

Agung sepenuhnya menyerahkan kepada pemerintah mengenai calon yang akan diajukan sebagai Gubernur BI ke DPR. Namun diharapkan surat pengajuan segera diterima DPR.

“Diharapkan segera kami terima untuk selanjutnya dibahas,” kata Agung.

Advertisement

“Diharapkan segera kami terima untuk selanjutnya dibahas,” kata Agung.

Agung juga berharap, proses pengisian jabatan Gubernur Bi dapat dituntaskan oleh DPR Ri pada masa bakti saat ini yang akan berakhir 1 Oktober 2009.

“Kita harapkan sudah dapat dituntaskan sebelum masa bakti DPR saat ini berakhir,” kata Agung.

Advertisement

DPR pernah menolak usulan calon Gubernur BI yang diajukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Presiden kemudian mengajukan nama Boediono dan disetujui DPR.

Jabatan Gubernur BI hingga kini kosong setelah Gubernur BI sebelumnya, Boediono, mengundurkan diri pada pertengahan Mei 2009 karena mencalonkan diri sebagai wapres untuk mendampingi Capres Susilo Bambang Yudhoyono.

Dua nama mulai disebut-sebut di media massa sebagai kandidat Gubernur BI, yaitu Deputi Gubernur BI Hartadi Sarwono dan Deputi Gubernur Senior BI Darmin Nasution.

Advertisement

Darmin Nasution sebagai Deputi Gubernur Senior BI yang baru menggantikan Miranda Goeltom dilantik di Mahkamah Agung (MA) pada Senin (27/7).

Sebelumnya, Darmin menjabat Dirjen Pajak Departemen Keuangan (Depkeu). Figur internal Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Muhammad Tjiptardjo kemudian menggantikan Darmin Nasution sebagai Dirjen Pajak yang baru.

ant/fid

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif