Kamis, 13 Agustus 2009 16:56 WIB Sukoharjo Share :

2010, Pemkab akan gratiskan pelayanan kesehatan kelas III RSUD

Sukoharjo (Espos)–Pelayanan kesehatan kelas III di RSUD Sukoharjo rencananya digratiskan pada tahun 2010. Selain itu, tenaga medis, paramedis dan tenaga penunjang kesehatan di rumah sakit setempat secara bertahap akan terus ditambah.

Demikian diungkapkan Bupati Sukoharjo, Bambang Riyanto saat memberikan sambutan dalam acara peresmian gedung di lingkungan RSUD Sukoharjo, Kamis (13/8), di aula RSUD setempat. Menurutnya, pelayanan kesehatan gratis merupakan pondasi untuk membangun kesejahteraan masyarakat.

Bupati mengatakan, RSUD bukan lahan yang tepat untuk dijadikan primadona meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Oleh sebab itu, tak ada alasan untuk membeda-bedakan pelayanan antara pasien yang membayar langsung dengan pasien yang menggunakan fasilitas Jamkesda maupun Jamkesmas.

Lebih lanjut, Bupati mengkritisi kualitas pelayanan di RSUD yang menurutnya sulit dinilai.

“Misalnya saat RSUD sepi pasien, bisa muncul dua penilaian. Pertama karena pelayanan RSUD tersebut buruk sehingga pasien enggan berobat atau memang karena masyarakat benar-benar sehat,” ulasnya.

Bupati meminta tak hanya bangunan fisik RSUD saja yang dibangun dan diperbaiki, namun kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berkecimpung di dalamnya juga harus ditingkatkan.

rei

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…