Rabu, 12 Agustus 2009 18:42 WIB Karanganyar Share :

SPBU Lalung nyaris terbakar

Karanganyar (Espos)–Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) Lalung yang terletak di wilayah Kecamatan Karanganyar kota, Rabu (12/8) siang, nyaris terbakar.

Keterangan yang dihimpun Espos dari berbagai sumber menyebutkan, kerusakan laker penggerak pompa pada salah satu mesin SPBU menjadi pemicu terjadinya ledakan kecil. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Peristiwa itu sendiri terjadi sekitar pukul 11.00 WIB, saat beberapa warga tengah mengisi bahan bakar di SPBU yang terletak di perempatan Desa Lalung tersebut. Tiba-tiba saja, terjadi ledakan kecil pada mesin SPBU yang membuat konsumen kalang kabut menyelamatkan diri.

“Laker penggerak pompanya sudah aus, tapi tetap nekat dipakai oleh pihak SPBU. Ternyata, gesekan yang terjadi tidak bisa sempurna, malah menimbulkan percikan api. Dengan cepat, api menyambar bensin dan terjadi ledakan. Untungnya tidak sampai memakan korban,” terang Kabid Linmas Badan Kesbangpol dan Linmas Karanganyar, Aji Pratama Heru K.

Diketahui, ledakan itu terjadi pada mesin SPBU yang ada di bagian utara. Pascaledakan, petugas SPBU setempat langsung memadamkannya dengan alat pemadam api ringan (APAR).

“Api sudah langsung dipadamkan, sehingga tidak sampai menimbulkan risiko yang lebih besar lagi,” tambahnya.

Sementara itu,sejumlah penjaga SPBU menuturkan ledakan diduga terjadi akibat salah satu dispenser mengalami kebocoran. Munculnya percikan api diduga karena adanya pergerakan platina yang membuat tekanan gas uap di dalam dispenser semakin menguat dan memunculkan percikan api.

dsp

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…