Rabu, 12 Agustus 2009 17:22 WIB Sport Share :

6 Cabang Sea Games 2011 digelar di Semarang

Semarang–Sebanyak enam cabang olahraga SEA Games 2011 yang menjadi jatah Jawa Tengah rencananya akan dipusatkan di Semarang, kata Wakil Ketua Umum II (bidang pembinaan dan prestasi) KONI Provinsi Jateng, Sukahar.

“Mengingat hanya enam cabang olahraga yaitu menembak, panahan, tinju, sepak takraw, biliar, dan sepatu roda maka untuk memudahkan melakukan koordinasi maka disepakati akan digelar di Semarang,” katanya usai rapat koordinasi penentuan penyelenggaraan tuan rumah SEA Games 2011 di Semarang, Rabu (12/8).

Menurut dia, untuk cabang olahraga sepak takraw masih ada dua lokasi yang menjadi pilihan, yaitu GOR Sahabat dan GOR Jatidiri Semarang. Tetapi, tampaknya GOR Jatidiri menjadi pilihan utama tempat pertandingan cabang olahraga tersebut.

Kemudian, untuk cabang olahraga menembak, masih ada pilihan yaitu membenahi venues menembak yang dimiliki Jawa Tengah di kompleks GOR Jatidiri atau membangun venues baru di daerah Pucang Gading.

Menurut dia, kalau dilaksanakan di Jatidiri maka harus memperbaiki agar memenuhi standar internasional yaitu dibangun dua lantai. Tetapi, kalau membangun baru di daerah Pucang Gading tentunya juga mengalami kendala karena di sana tidak ada mess untuk atlet.

Untuk cabang olahraga panahan juga ada dua lokasi yang menjadi pilihan, yaitu Stadion Diponegoro atau Stadion Tri Lomba Juang Mugas Semarang, kemudian untuk tinju juga masih ada dua pilihan di Auditorium Unnes Semarang atau di GOR Patriot Kompleks Kodam IV / Diponegoro.

Tetapi, Pengprov Pertina Jawa Tengah cenderung memilih Auditorium Unnes Semarang karena lokasinya sangat mendukung karena berada dalam satu kompleks yang besar.

Untuk cabang olahraga biliar, kata dia, belum memberikan alternatif karena Ketua Umum Pengprov POBSI Jawa Tengah, Tutuk Kurniawan sedang berada di Jakarta untuk kejurnas biliar 2009.

“Tetapi, saya kira tidak begitu masalah karena cabang olahraga ini tidak memerlukan tempat yang khusus, apalagi pelatnas SEA Games 2009 cabang ini juga dilaksanakan di Semarang,” katanya.

Ketika ditanya kapan KONI Pusat akan meninjau kesiapan Jawa Tengah untuk melihat dari dekat kesiapan venues untuk pertandingan pesta olahraga multievent antarnegara Asia Tenggara 2011, ia mengatakan, tentunya kalau semuanya sudah siap dan kalau sudah memaparkan kesiapan Jawa Tengah sebagai tempat penyelenggara SEA Games 2011 kepada Gubernur Jateng.

“Kita harapkan secepatnya bisa meninjau ke Jateng. Saya harapkan sebelum puasa, pengurus KONI Pusat sudah meninjau kesiapan Jateng sebagai penyelenggara enam cabang olahraga SEA Games 2011,” katanya.

Ketika ditanya soal dana yang diajukan masing-masing pengprov keenam cabang olahraga tersebut, ia mengatakan, pihaknya minta agar dana yang mereka ajukan dirasionalisasi.

“Saya melihat cabang olahraga menembak yang paling banyak mengajukan anggaran karena mereka harus membangun total tempat pertandingan,” katanya.

ant/fid

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…