Selasa, 11 Agustus 2009 14:11 WIB News Share :

Malaysia dukung penuh Indonesia berantas terorisme

Jakarta–Delegasi Parlemen Malaysia di Sidang Asian Parliamentary Assembly (APA), Senator Khoo Soo Seang, memastikan negaranya akan memberi dukungan apa pun kepada Indonesia dalam upayanya menangkap para teroris yang dipimpin Noordin M Top.

“Di Malaysia pun Noordin M Top telah dimasukkan dalam daftar teroris yang sedang dicari,” ujar Khoo Soo Seang di Jakarta, Selasa, menanggapi upaya Polri memburu buronan teroris Noordin M Top dan jaringannya.

Bagaimana pun, ia menambahkan, Malaysia menghendaki agar di Indonesia dan kawasan Asia lainnya tercipta perdamaian dan keamanan bagi para warganya.

Karenanya, Malaysia pasti mendukung upaya-upaya kepolisian di Indonesia mengungkap dan menangkap dalang berbagai aksi terorisme yang meresahkan tersebut.

Ditanya mengenai pemberian sampel DNA keluarga Noordin M Top di Malaysia untuk pembanding uji DNA sosok pria yang tewas dalam penggerebegan di Temanggung, Jawa Tengah, Khoo mengaku dirinya belum mengetahui perkembangan tentang hal itu.

“Kami juga masih menunggu perkembangan informasi soal tes DNA itu dari kepolisian di Indonesia,” ujarnya.

Namun demikian, ia kembali mengulangi bahwa pemerintah Malaysia siap memberikan bantuan kepada Indonesia untuk mengatasi persoalan terorisme itu.

Secara terpisah, Presiden APA yang juga Ketua DPR RI Agung Laksono mengatakan bahwa isu terorisme merupakan salah satu topik yang dibahas dalam satu sub komisi di persidangan APA kali ini.

“Kita semua menginginkan adanya kawasan Asia yang damai, sementara terorisme itu merupakan persoalan yang bersifat lintas batas negara,” ujarnya.

Dikemukakannya bahwa instrumen-instrumen dasar dalam APA akan terus diperkuat dan selanjutnya ditingkatkan menjadi kerjasama antarpemerintahan negara-negara di kawasan Asia.
Ant/tya

lowongan pekerjaan
PT. BPR Bina Langgeng Mulia, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….