News
Senin, 10 Agustus 2009 - 19:37 WIB

Mendagri: DPRD bukan "instansi lain"

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Mardiyanto memperingatkan para anggota DPRD baik tingkat provinsi, kabupaten maupun kota bahwa lembaga perwakilan rakyat di daerah itu adalah bagian dari pemerintahan daerah, sehingga para wakil rakyat itu bukanlah merupakan “instansi lain”.

“DPRD adalah bagian dari pemerintahan daerah dan bukannya “instansi lain”,” kata Mendagri di Denpasar, Bali, Senin (10/8) ketika selaku Wakil Ketua Komisi Penanggulangan HIV/ AIDS mengadakan pertemuan dengan para gubernur serta wakil gubernur.

Advertisement

Acara untuk membahas upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di semua provinsi itu juga dihadiri Menko Kesra Aburizal Bakrie  serta Menteri Kesehatan  Siti Fadilah  Supari.

Mardiyanto tak memberi perincian mengapa mengeluarkan pernyataan yang ditujukan kepada para anggota DPRD provinsi, kota serta kabupaten tersebut.

Namun akhir-akhir muncul desakan dari para anggota DPRD supaya mereka mendapat status sebagai pejabat negara seperti halnya para gubernur, walikota serta bupati. Selama ini pun anggota DPRD bukanlah pejabat negara

Advertisement

Namun ketika melengkapi keterangan Menteri Dalam Negeri tersebut, Kepala Pusat Penerangan Depdagri Saut Situmorang mengatakan kepada pers  bahwa Undang-Undang No 32/2004 tentang Pemerintahan Daerah telah menegaskan bahwa DPRD adalah unsur penyelenggara pemerintahan daerah.

“UU No32/2004 tentang Pemerintahan Daerah menetapkan bahwa DPRD adalah unsur penyelenggara pemerintahan daerah,” kata Saut Situmorang yang  mendampingi Mardiyanto dalam kunjungan kerja ke Denpasar tersebut.

ant/fid

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif