Senin, 10 Agustus 2009 11:57 WIB News Share :

Menag imbau pengusaha dan pemberi kerja berzakat

Jakarta–Menteri Agama (Menag) Muhammad Maftuh Basyuni mengimbau kepada setiap muslim yang mampu, para pengusaha dan pemilik perusahaan agar menunaikan kewajiban zakat dengan mengeluarkan infaknya melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

Siaran pers Departemen Agama di Jakarta, Senin (10/8), menyebutkan, Menag juga mengharapkan agar para pengusaha dan pemberi kerja untuk dapat memungut zakat dari gaji karyawannya dan menyalurkannya melalui BAZNAS atau Badan Amil Zakat daerah setempat.

Hal itu disampaikan Menag dalam sambutannya pada acara Kenduri Berkah 1.430 tumpeng anak yatim yang digelar BAZNAS dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1430 H yang diselenggarakan Minggu (9/8) pagi di Jl Hajjah Rangkayo, Rasuna Said, Jakarta Selatan, bertepatan dengan “car free day” atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor.

Menteri berharap, kegiatan menyambut Ramadhan yang digelar oleh BAZNAS itu tak hanya sekadar syiar dan keramaian yang tidak meninggalkan bekas apa-apa.

Tetapi harus diupayakan lebih bermakna, dalam rangka sosialisasi zakat dan penguatan spirit zakat di Tanah Air sebagai bangsa dan negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia.

Menteri Agama meminta agar seluruh jajaran BAZNAS meningkatkan program pendayagunaan zakat yang diarahkan pada upaya memberi jaminan, perlindungan, dan pemberdayaan kepada penerima zakat dengan memprioritaskan golongan yang paling membutuhkan, yaitu fakir, miskin, dan termasuk anak-anak yatim yang memerlukan dukungan sarana dan biaya untuk keberlanjutan pendidikan dan bekal masa depannya.

“Kebutuhan anak yatim yang perlu mendapat perhatian bukan hanya kebutuhan materi semata, tapi juga kebutuhan mental-spiritual, seperti curahan kasih sayang, pendidikan akidah, ibadah, dan akhlak.” ujar Menteri Agama.

ant/fid

lowongan pekerjaan
PT. BPR Bina Langgeng Mulia, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….