Senin, 10 Agustus 2009 18:44 WIB Pendidikan Share :

Depdiknas akan revitalisasi lembaga kursus

Jakarta–Direktorat Pembinaan dan Kelembagaan Direktorat Jendral Pendidikan Non Formal dan Informal Departemen Pendidikan Nasional akan melakukan revitalisasi perizinan lembaga-lembaga kursus di seluruh Indonesia.

Hal tersebut dimaksudkan agar masyarakat mendapatkan lembaga kursus yang benar-benar berkualitas.
“Nantinya setiap lembaga kursus harus mempunyai nomor induk yang dapat dilihat secara online,” ujar Direktur Pembinaan Kursus dan Kelembagaan Depdiknas Wartanto MM dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (10/8).

Dengan begitu, lanjut dia, masyarakat dapat melihat secara langsung lembaga kursus tersebut sudah terdaftar atau belum. Tujuan lain, kata dia, dimaksudkan untuk menghalangi agar budaya asing yang dibawa lembaga-lembaga kursus asing tidak merusak budaya nasional.

Selanjutnya, dia menjelaskan, revitalisasinya akan menguntungkan lembaga kursus tersebut. Lembaga kursus yang sudah terakreditasi akan diperbolehkan untuk menerbitkan sertifikat kelembagaannya sendiri.
Selain itu, lembaga kursus yang terakreditasi itu juga akan mendapat bantuan dana dari Depdiknas secara rutin.

“Jadi seperti sekolah saja, kalau dilihat akreditasinya baik, secara rutin akan diberikan dana. Revitalisasi mempermudah untuk mengawasi itu,” kata dia.

Lebih jauh, Wartanto menjelaskan, hingga saat ini proses revitalisasi masih dilakukan dan direncanakan akan selesai pada Oktober mendatang.

“Sekarang sedang pembahasan internal di Depdiknas, ada masukan dari Departemen HAM. Semoga cepat selesai, sehingga semua lembaga kursus memiliki badan hukum yang jelas,” tandasnya.

kompas/fid

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…