Senin, 10 Agustus 2009 16:33 WIB Karanganyar Share :

3 Kecamatan rawan kesulitan air bersih

Karanganyar (Espos)–Memasuki musim kemarau ini, sejumlah wilayah di Kabupaten Karanganyar rawan akan kekeringan dan kesulitan air bersih.

Secara geografis, sejumlah daerah yang rawan kesulitan air bersih di antaranya di sebagian wilayah Gondangrejo, Matesih dan Jumantono.

Terkait hal itu, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Lawu Karanganyar setiap hari menyiagakan dua armada truk tangki air lengkap dengan personelnya selama 24 jam penuh.

Sewaktu-waktu ada warga di daerah tertentu yang membutuhkan air bersih, pihaknya siap melakukan dropping air bersih saat itu juga.

“Tentunya, mekanismenya harus melalui laporan desa, kecamatan ke Bagian Sosial Pemkab, baru PDAM akan menindaklanjutinya. Jika mekanismenya sudah benar dan sesuai dengan fakta di lapangan, pasti dropping air bersih akan diberikan pada saat itu juga. Harapan kami, untuk tahun ini semoga Karanganyar tidak terlalu banyak yang mengalami krisis air bersih,” terang Direktur PDAM Tirta Lawu Karanganyar, Aris Wuryanto, saat ditemui Espos di Karanganyar, Senin (10/8).

Kendati demikian, ditegaskannya, dari tahun ke tahun PDAM sudah melakukan langkah antisipatif untuk meminimalisasi dampak kekeringan dan krisis air bersih di wilayah-wilayah tertentu. Selama itu pula, kata dia, persoalan kekeringan dan krisis air bersih tak sampai menjadikan keresahan warga.

“Berdasarkan pengalaman lalu, sebagian wilayah Gondangrejo, Matesih dan Jumantono paling rawan kesulitan air bersih. Terutama saat kemarau, pasti jadi langganan. Namun, dari tahun ke tahun sudah kami antisipasi. Mudah-mudahan tahun ini, semuanya aman,” terangnya.

Sejauh ini PDAM juga mengandalkan sumber air utama di daerah pegunungan yang diperkirakan mampu untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Karanganyar.

Selain itu, masih disuplai dari beberapa sumur artesis yang siap dioperasikan 24 jam dan tersebar di sejumlah lokasi, antara lain Papahan (Tasikmadu), Perumnas Palur (Jaten), Colomadu, dan sebagainya.

dsp

lowongan kerja
SOCIAL KITCHEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….