Soloraya
Minggu, 9 Agustus 2009 - 16:01 WIB

Potensi wisata Klaten tak tergarap maksimal

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Espos)–Potensi wisata yang ada di Klaten hingga saat ini tak tergarap maksimal. Dengan keberadaan sedikitnya 14 obyek wisata yang ada di Klaten, jumlah wisatawan yang tiba di Klaten semestinya bisa mencapai lebih dari 300.000 orang.

“Tetapi,saat ini laporan dari dinas terkait baru sekitar 300.000 wisatawan. Laporan itu pun juga terkesan asal buat dan tidak matang,” kata Wakil Ketua Komisi II DPRD Klaten, drh Suharna ketika ditemui wartawan di Gedung Dewan pekan lalu.

Advertisement

Berdasarkan data dari Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudpar PO) Klaten, jumlah total wisatawan untuk Klaten per tahun berada di angka rata-rata 300.000 orang. Menurut Suharna, Pemkab masih memandang wisata dengan paradigma lama.
“Semestinya, wisata harus dipandang sebagai industri yang perlu digarap secara profesional,” ungkapnya.

Pemkab Klaten, lanjut Suharna, masih mengandalkan tempat wisata yang marak secara temporer seperti event budaya. Namun, belum mengarap secara maksimal obyek wisata menjadi tempat tujuan wisata yang berkelanjutan. Padahal potensi wisata di Klaten tak hanya terdiri dari wisata yang bersifat temporer.

haa

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif