Entertainment
Minggu, 9 Agustus 2009 - 14:55 WIB

Kota Batu anggarkan Rp 2 miliar untuk FFI

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Batu–Pemerintah Kota Batu menganggarkan dana Rp 2 miliar untuk menyelenggarakan Festival Film Indonesia (FFI) pada Desember mendatang.

Syamsul Huda, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batu mengatakan, ajang perfilman nasional itu ditujukan untuk meningkatkan citra Batu sebagai kota wisata andalan di Jawa Timur.

Advertisement

“Dananya sudah kami anggarkan dalam PAK (perubahan anggaran keuangan) APBD 2009 dan kini dibahas bersama dengan DPRD,” kata Syamsul, Minggu (9/8).

Menurutnya, total anggaran yang dibutuhkan Rp 5 miliar. Kekurangan Rp 3 miliar akan ditanggung Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Anggaran terbesar dialokasikan untuk akomodasi para artis dan panitia Festival Film Indonesia.

Secara terpisah, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu Heru Soeprapto berharap kalangan perhotelan juga diajak bicara untuk persiapan acara ini, karena selama ini kalangan hotel selalu diminta untuk aktif terlibat demi penguatan citra kepariwisataan Batu.

Advertisement

Sebaliknya, kata Heru, anggota PHRI sempat dibuat pusing dengan rencana kenaikan pajak hotel dan restoran karena sejak muncul kasus lumpur Lapindo di Porong, Sidoarjo, tingkat hunian hotel rata-rata di Batu hanya mencapai 10 persen.

“Rencana ini pun awalnya tak dikomunikasikan dulu dengan kami walau kemudian permintaan kami untuk menundanya dipenuhi,” kata Heru.

Ia berharap Pemerintah Kota Batu melibatkan PHRI untuk setiap kegiatan kepariwisataan apa pun dan jangan memberi kesempatan pada satu-dua pengusaha hotel atau restoran besar saja.

Advertisement

“Semua harus diberi kesempatan yang sama dan adil. Masyarakat dapat dampak yang positif dari kegiatan. Ini harapan, bukan meminta.”

tempointeraktif/fid

Advertisement
Kata Kunci : Anggar FFI Kota Batu
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif