Jumat, 7 Agustus 2009 11:27 WIB Issue Share :

Putu Wijaya
WS Rendra pahlawan orang miskin

Depok–Almarhum WS Rendra bukan hanya dikenal sebagai penyair dan budayawan. Sang Burung Merak semasa hidupnya juga dikenal gigih memperjuangkan hak-hak kaum tertindas dan fakir miskin. Tak heran jika penyair Putu Wijaya menjulukinya Pahlawan Orang Miskin.

“Mas Willy itu Pahlawan Orang Miskin yang hanya bisa dikalahkan oleh usia,” ujar Putu berlinang air mata saat ditemui di Bengkel Teater, Citayam, Depok, Jawa Barat, Jumat (7/8).

WS Rendra memang dikenal kritis saat rezim Soeharto masih berkuasa. Berbagai kebijakan penguasa Orde Baru tak pernah lepas dari kritik Rendra. Terutama kebijakan di bidang politik, ekonomi dan pendidikan.

Kesedihan Putu bertambah karena Rendra tak sempat mewujudkan keinginannya untuk menggelar teater. Putu pun bersumpah sebelum 100 hari wafatnya Rendra, ia dan sejumlah seniman akan menggelar pertunjukkan teater.

“Semoga sebelum 100 hari saya dan teman-teman punya kekuatan untuk menyelesaikan keinginan Mas Willy,” imbuhnya berlinang air mata.

dtc/fid

lowongan kerja
SOCIAL KITCHEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….