Jumat, 7 Agustus 2009 12:56 WIB Ekonomi Share :

Pertamina usulkan kenaikan elpiji 12 kg bertahap

Jakarta– Pemerintah mengakui adanya usulan kenaikan harga elpiji 12 kg dari Pertamina. Besaran yang diusulkan oleh Pertamina adalah Rp 100 per kg untuk setiap kali kenaikan.

Demikian disampaikan oleh Dirjen Migas Evita Legowo ketika ditemui di kantor Departemen ESDM, Jalan Medan Merdeka, Jakarta, Jumat (7/8).

“Mereka sudah usulkan kenaikan elpiji 12 kg, kenaikannya tidak besar hanya Rp 100 per kg, tapi bertahap,” jelasnya tanpa merinci apakah kenaikan Rp 100 itu per bulan atau tidak.

Evita menjelaskan, saat ini memang harga elpiji non 3 kg harga jualnya masih di bawah harga perekonomiannya.

“Tapi apakah boleh dinaikkan atau tidak itu masih dievaluasi,” ujarnya.

Dalam Peraturan Menteri ESDM No.21/ Tahun 2008, dijelaskan Evita, ada 3 pertimbangan jika harga elpiji dinaikkan. Pertama kenaikan tersebut tidak boleh memberatkan masyarakat, kedua margin kenaikan harus wajar,dan ketiga kenaikannya harus berkelanjutan.

dtc/fid

lowongan pekerjaan
PT.ARUTAMA BUMI STILINDO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Solusi Kemanusiaan untuk Jerusalem

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/12/2017). Esai ini karya Mudhofir Abdullah, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah mudhofir1527@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel yang…