Jumat, 7 Agustus 2009 14:01 WIB News Share :

Pemerintah optimistis TN Komodo jadi keajaiban dunia

Jakarta–Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) menyatakan optimistis Taman Nasional (TN) Komodo akan terpilih menjadi keajaiban dunia baru untuk kategori alam atau “New 7 Wonders of Nature”.

“Kami optimistis TN Komodo akan terpilih karena satwa komodo itu hanya ada satu-satunya di dunia yakni di Indonesia,” kata Direktur Jenderal Pemasaran Depbudpar, Sapta Nirwandar, di Jakarta, Jumat (7/8).

Ia mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia dan dunia yang telah mendukung TN Komodo dalam kampanye New 7 Wonders of Nature tahap I dan tahap II hingga 7 Juli 2009.

Pada 21 Juli 2009 pukul 12.07 GMT (19.07 WIB), New 7 Wonders Foundation telah mengumumkan TN Komodo sebagai salah satu finalis dari 28 finalis yang berhak melanjutkan ke tahap final sete;ah menyisihkan kurang lebih 440 nominasi dari 220 negara.

“Depbudpar yang bertindak sebagai ‘Komodo National Park Official Supporting Commitee’ mengajak seluruh masyarakat Indonesia dan dunia untuk berpartisipasi aktif melakukan ‘vote’ kembali dalam kampanye New 7 Wonders of Nature,” katanya.

Sapta mengatakan, dengan masuknya TN Komodo menjadi finalis maka Indonesia akan memperoleh manfaat dari sisi promosi.

“Oleh karena itu saya menghimbau seluruh masyarakat Indonesia untuk melakukan vote mendukung TN Komodo ini agar berhasil menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia bernuansa alam yang akan ditentukan pada 2011 demi kemajuan pariwisata Indonesia,” katanya.

Pada tahap final kampanye New 7 Wonders of Nature, ke-28 finalis akan bersaing kembali tanpa memperhitungkan peringkat dan jumlah vote pada tahap sebelumnya.

Dengan demikian, menurut Sapta, seluruh masyarakat di Indonesia dan dunia yang telah melakukan vote pada tahap I dan II (sebelum 7 Juli 2009) diharapkan untuk melakukan vote kembali pada tahap final melalui dua metode yang telah ditetapkan.

Metode yang dapat dilakukan yakni vote on-line melalui website http://www.new7wonders.com atau vote melalui telepon (SLI) dengan cara tekan +41 77 312 4041, setelah pesan selesai dan terdengar bunyi beep tekan kode 7717 untuk memilih TN Komodo.

Sampai sejauh ini pesaing terberat TN Komodo adalah Amazon (yang melingkupi berbagai negara seperti Venezuela, Suriname, Peru, Guyana, French Guiana, Ekuador, Colombia, Brazil, dan Bolivia), Black Forest di Jerman, El Yungue di Puerto Rico, Puerto Princesa Underground River di Filipina, dan Sundarbans di India dan Bangladesh.

Sapta berpendapat beberapa isu seperti pemindahan satwa komodo ke Bali sebagai upaya konservasi eks-situ (di luar habitat aslinya) dan penambangan emas di luar kawasan TN Komodo tidak akan memperkecil peluang TN Komodo untuk menjadi pemenang dalam kampanye New 7 Wonders of Nature.

ant/fid

lowongan pekerjaan
PT.ARUTAMA BUMI STILINDO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…