Jumat, 7 Agustus 2009 18:15 WIB News Share :

KPU lega MK kabulkan sebagian uji materi UU Pemilu

Jakarta–Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan sebagian uji materi pasal 205 ayat 4, pasal 211 ayat 3 dan pasal 212 ayat 3 UU 10/2008 tentang Pemilu. Dengan demikian, tata cara penghitungan kursi tahap dua yang dilakukan KPU tidak akan berubah.

“Sangat melegakan, mengurangi ketegangan khususnya di daerah-daerah tingkat provinsi dan kabupaten,” ujar anggota KPU Andi Nurpati usai persidangan di MK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakpus, Jumat (7/8).

Seperti diketahui, Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2009 tentang tata cara penghitungan kursi tahap dua sempat digoyang oleh putusan MA yang membatalkan peraturan tersebut. MA menyatakan peraturan KPU tersebut tidak sesuai dengan pasal 205 ayat (4) UU Pemilu.

Putusan MK, kata Andi, menunjukkan tafsir KPU tentang UU Pemilu adalah sesuai dengan penafsiran MK. KPU, katanya, juga akan menyatakan sikap berikutnya atas putusan MA tersebut.

“Saat ini kita akan menyikapi putusan MA setelah adanya putusan MK. Kita akan plenokan,” tandasnya.

dtc/fid

LOWONGAN PEKERJAAN
Tegar Transport Hotel Paragon Solo, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…