Jumat, 7 Agustus 2009 13:07 WIB Issue,Newsline Share :

Ken Zuraida
Saya mencintai Mas Rendra

Jakarta–Ken Zuraida, isteri seniman WS Rendra melepas jenazah suaminya sambil mengungkapkan perasaan cintanya kepada  seniman yang dikenal dengan sebutan Burung Merak.

“Saya tidak patut menjadi guru di bengkel Teater. Sebagai istri saya kurang bekti (Berbakti). Aku cinta padamu…,” kata Ken yang terlihat terbata ketika diminta tampil untuk berbicara pada acara pelepasan jenazah almrhum WS Rendra sebelum disalatkan di Bengkel Teater, Citayam, Depok, Jawa Barat, Jumat (7/8).

Ken mengungkapkan dirinya merupakan asisten, murid, musuh, teman, pembantu dari seniman pendiri teater Indonesia, WS Rendra.

“Saya ingin mengajak putera-puteri Bengkel Teater untuk melepas almarhum dengan lagu singgah-singgah,” katanya.

Beberapa anggota Bengkel Teater kemudian berdiri dan menyanyikan lagu singgah-singgah yang berlirik bahasa Jawa Halus.

Para pelayat termasuk Putu Wijaya, budayawan Mudji Sutrisno, pelawak Tarzan, pimpinan RRI Parni Hadi dan Menbudpar Jero Wacik tertunduk dan terhanyut haru mendengarkan istri almarhum dan para personil Bengkel Teater menyanyikan lagu tersebut.

Tokoh pendidik, Arif Rahman kemudian memimpin doa untuk melepas kepergian almarhum WS Rendra, sebelum dibawa ke mesjid di sebelah Bengkel Teater untuk disalatkan.

Tempat makam budayawan dan penyair WS Rendra yang meninggal dunia, pada Kamis (6/8) malam sekitar pukul 21:30 WIB, tidak jauh dari makam Mbah Surip hanya sekira sepuluh meter.

“Tempatnya memang sudah dipersiapkan sejak lama. Rendra juga minta dimakamkan di bawah pohon rindang,” kata adik ipar WS Rendra, Iwan Burnani,  di rumah duka Bengkel Teater Rendra, di Depok, Jumat pagi.

ant/fid

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…