Jumat, 7 Agustus 2009 18:55 WIB Karanganyar Share :

5 UMKM teken kerja sama di Karismapawirogo

Karanganyar (Espos)–Sedikitnya lima usaha mikro kecil menengah (UMKM) di wilayah Jateng dan Jatim menjalin kerja sama dengan perusahaan besar ketika mengikuti kegiatan kegiatan matchmaking dalam negeri atau penjodohan kemitraan di Sarangan, Magetan, Jatim, Selasa (4/8) lalu.

Ketua Tim koordinasi Kerjasana Antardaerah (KAD) Karismapawirogo yang juga Sekda Pemkab Karanganyar, Kastono, menjelaskan dalam usaha mengembangkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Jateng telah dikembangkan model klaster oleh Pemprov Jateng dan Jatim.

Model pengembangan klaster ini memang sangat menguntungkan bagi pengusaha besar karena klaster menyediakan bahan baku besar, tenaga kerja terampil dan memudahkan dalam transfer teknologi.

“Salah satu kebutuhan pengembangan klaster adalah kemitraan antara UMKM dengan pengusaha besar. Oleh karena itu BKPM bekerja sama dengan BKAD Karismapawirogo menyelenggarakan kegiatan matchmaking dalam negeri (penjodohan kemitraan) antara UMKM dengan usaha besar di Jateng dan Jatim,” terangnya, kepada Espos, Jumat (7/8).

Dalam kegiatan itu, sedikitnya 49 UMKM ikut berpartisipasi. Masing-masing kabupaten mengirimkan tujuh UMKM ditambah 25 UMKM dari kabupaten Magetan dengan membawa contoh produk yang dimiliki.

dsp

Lowongan Pekerjaan
OPERATOR CETAK PT Solo Grafika Utama, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Mantu Berasa Komunikasi Budaya

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (10/11/2017). Esai ini karya Prilani, pengajar Ilmu Komunikasi di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri, Jawa Timur. Solopos.com, SOLO–Mantu adalah prosesi ritual para orang tua melepas masa lajang anak-anak mereka. Peristiwa sakral…