Kamis, 6 Agustus 2009 12:22 WIB News Share :

TNI AD
Daerah tertinggal jadi sasaran TMMD

Jakarta–Daerah tertinggal akan menjadi sasaran TNI untuk melaksanakan TNI  Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-83 tahun 2009. TTMD akan dilaksanakan 21 hari.

“Tujuannya meningkatkan akselari kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal,” kata Asisten Teritorial KASAD, Mayjen Karsadi di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (6/8).

Karsadi mengatakan, TMMD akan dilaksanakan bekerjasama dengan Depkominfo selama 21 hari.

“Mulai pekan kedua Agustus sampai dengan pekan keempat Oktober 2009. Lokasinya tersebar di seluruh Indonesia,” ujar dia.

Lebih lanjut, kata Karsadi, kegiatan TTMD meliputi kegiatan fisik seperti merehabilitasi sarana prasarana yang rusak di daerah tertimpa
bencana alam, meningkatkan sarana prasarana infrastruktur di pedesaan, fasilitas umum dan sosial.

“Kegiatan non fisik seperti meningkatkan kesadaran berbangsa, bela negara, penegakan hukum, disiplin nasional di kalangan masyarakat, serta
pengetahuan lainnya seperti mengenai keluarga berencana, kesehatan, pertanian, dan lain-lain.

Karsadi menekankan tujuan utama TMMD ini adalah untuk mempercepat pemerataan pembangunan di daerah.
“Ini dilaksanakan melalui proses perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah sasaran,” kata dia.

Dukungan anggaran kegiatan fisik dan non fisik kegiatan TTMD berasal dari APBD pemerintah daerah setempat, berupa dana hibah.

“Sedangkan dukungan pergeseran, makan, dan uang saku pasukan TNI menggunakan APBN sektor pertahanan,” tutur Karsadi.

dtc/fid

lowongan kerja
SOCIAL KITCHEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….