Kamis, 6 Agustus 2009 11:40 WIB Sport Share :

PSSI akan gelar turnamen sepakbola wanita

Jakarta–Komite Sepak Bola Wanita PSSI akan menggelar turnamen sepak bola wanita U-16 yang diikuti enam tim pada 10-15 Agustus mendatang di Jakarta.

Keenam peserta adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Bangka Belitung, DIY, Papua dan Papua Barat.

Anggota Komite Sepakbola Wanita PSSI, Eha Habibah di Jakarta, Kamis (6/8) mengatakan, penyelenggaraan turnamen itu merupakan cikal bakal untuk pembentukan tim nasional Indonesia yang akan diterjunkan ke Woman Football Championship AFF di Myanmar pada Oktober mendatang.

Turnamen ini diikuti oleh daerah-daerah yang selama ini sudah sering menggelar kejuaraan daerah dan bukan semata-mata muncul seketika.

Eha mengatakan, penyelenggaraan turnamen U-16 tersebut merupakan bagian dari program kompetisi beberapa kelompok usia, yakni U-16, U-18, U-20 dan tim senior U-23 tahun.

“Untuk peserta yang kita undang adalah sesuai dengan hasil pantauan selama ini di daerah-daerah yang sudah sering menggelar kejuaraan daerah sehingga turnamen ini tidak muncul begitu saja. Jadi mereka memang sudah ada Kejurda-nya dan sudah ada setiap tahun,” kata Eha Habibah.

Namun demikian PSSI belum bisa mengundang seluruh daerah untuk dikompetisikan dalam sebuah Kejurnas, karena masih banyak daerah (Pengprov PSSI) yang belum aktif membina sepakbola wanita.

Mengenai prestasi sepakbola wanita di kancah internasional, Eha mengatakan tim Indonesia pernah tampil sebagai juara III pada kejuaraan Asia mini di Hong Kong baru-baru ini.

“Di peringkat dunia, sepakbola wanita kita berada di urutan ke-68, sedangkan di Asia peringkat ke-13. Tetapi sayang kita jarang diikutsertakan di SEA Games sehingga sulit untuk mengembangkan cabang ini,” ujarnya.

ant/fid

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….