Kamis, 6 Agustus 2009 12:19 WIB News Share :

KNKT temukan tuas rem darurat keluar dari tempatnya

Jakarta--Penyebab kecelakaan Kereta Api Pakuan Ekspres yang menyeruduk KA Ekonomi jurusan Jakarta-Bogor belum diketahui. Akan tetapi Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menemukan Tuas Rem Darurat ditarik keluar dari tempatnya. Siapa yang menarik?

“Hal itu memang sedang dibahas investigator KNKT. Jadi ditemukan ruas rem yang tertarik keluar,” ujar Ketua KNKT Tatang Kurniadi, Kamis (6/8).

Akan tetapi Tatang menegaskan hal tersebut bukan merupakan penyebab kecelakaan.

“Tapi belum ada penyebab kecelakaan,” ujarnya.

Tatang juga menyatakan pihaknya belum mengetahui siapa yang menarik tuas rem tersebut. “Siapa yang menarik tidak tahu. Itu kan ada di ruang masinis,” tandas Tatang.

Sementara itu, juru bicara KNKT, JA Barata menyatakan pihaknya masih mengumpulkan semua data untuk menemukan penyebab kecelakaan yang terjadi di Pondok Rumput, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor tersebut.

“Semua data itu dikumpulkan, termasuk kenapa kereta yang di depan itu berhenti. Itu akan jadi bagian yang diteliti,” tandas Barata.

KA Pakuan Ekspres, Selasa (4/8), menyeruduk KA Ekonomi yang sedang berhenti di jalur yang sama. Asisten masinis kereta tewas karena terjepit di dalamnya.

dtc/fid

LOWONGAN PEKERJAAN
Tegar Transport Hotel Paragon Solo, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Solusi Kemanusiaan untuk Jerusalem

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/12/2017). Esai ini karya Mudhofir Abdullah, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah mudhofir1527@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel yang…