Rabu, 5 Agustus 2009 15:31 WIB Karanganyar Share :

Sidak, Bupati sita HP milik siswa

Karanganyar (Espos)–Sejumlah siswa sekolah dasar (SD) dan SMA di Karanganyar kota kedapatan masih membawa handphone (HP) di sekolah mereka.

Padahal, Pemkab Karanganyar telah memberlakukan aturan larangan membawa Hp ke lingkungan sekolah demi kelancaran proses belajar mengajar.

Tak ayal, seluruh HP milik siswa itu langsung disita oleh Bupati Rina Iriani dan diserahkan ke kepala sekolah setempat. Hanya orangtua siswa yang bisa mengambilnya kembali.

Temuan sejumlah HP di lingkungan sekolah itu terjadi ketika Bupati beserta jajarannya melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah sekolah, seperti SDN 1 Karanganyar dan SDN 3 Karanganyar serta SMAN 2 Karanganyar.

Saat Sidak di SDN 1 Karanganyar, memang tidak ditemukan HP barang satu pun dari para siswa setempat. Namun di SDN 3 Karanganyar dan SMAN 2 Karanganyar, Bupati mendapati sejumlah siswa masih membawa HP di dalam kelas.

Di SDN 3 Karanganyar, tepatnya di kelas V, Bupati menyita sebanyak lima buah HP dari tangan siswa setempat. Para siswa sendiri beralasan kalau HP itu untuk keperluan berkomunikasi dengan orangtua mereka, salah satunya untuk memberitahukan kapan si anak siap dijemput saat pulang sekolah.

“Semestinya saat berangkat sekolah, anak sudah memberitahukan dulu ke orangtuanya, nanti dia pulang jam berapa atau minta dijemput jam berapa. Anak-anak yang lain yang tidak membawa HP saja bisa seperti itu, kenapa yang ini tidak? Pada dasarnya, larangan membawa HP ke sekolah semata-mata demi kelancaran proses belajar mengajar, supaya siswa hanya konsentrasi pada pelajaran. Apalagi, ini anak SD,” kata Bupati saat ditemui di sela-sela Sidak.

Nunum Sofiah, guru setempat, mengatakan pihaknya sudah sering melarang siswa untuk membawa HP ke lingkungan sekolah Adanya temuan HP ini, kata dia, kemungkinan Hp tersebut berasal dari orangtua siswa untuk keperluan berkomunikasi.

dsp

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….