Rabu, 5 Agustus 2009 17:36 WIB News Share :

Ibrohim diduga anggota jaringan DI

Jakarta–Ibrohim, orang yang diduga terlibat pengeboman di Hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton bukan jaringan Noordin M Top. Pria ini disebut-sebut anggota dari jaringan Darul Islam (DI) dan hanya dipakai Noordin.

“Ibrohim itu orang lama, dia bagian DI Jakarta. Dan yang menghubungkan dengan Janur (Jaringan Noordin) adalah Saefudin Zuhri (sudah ditangkap polisi), dia yang melakukan hilir mudik menghubungkan kelompok Banten dan DKI agar mau ikut beroperasi. Saefudin orang kepercayaan Noordin dan biasa melakukan perekrutan,” kata pengamat intelijen Dino Chrisbon , Rabu (5/8).

Dari pengalaman aksi pemboman, semenjak bom Bali I hingga bom JW Marriott dan Ritz-Carlton, anggot aktivis DI ini selalu terlibat. Misalnya saja pelaku bom Marriott I, Asmar Latin Sani, kemudian peledakan kedubes Australia yang dilakukan kelompok DI dan Jamaah Islamiyah (JI).

“Semenjak bom Bali I, Noordin melakukan kontak dengan DI di Sumatera, DKI, Jateng, Jabar, Sulsel, Maluku, NTT, dan NTB. Kelomok DI di DKI dan Banten yang kemudian mengenalkan Ibrohim dengan kelompok Cilacap. Lokasi tempat tinggal di Kuningan memudahkannya bertemu Saefudin saat sebelum ditangkap,” terangnya.

Saefudin Zuhri, kemudian ditangkap polisi dalam penggerebekan di Cilacap pada Juni 2009 lalu. Tapi rencana operasi pengeboman tetap dilakukan.

“Mereka 2 minggu sebelum peledakan rapat di Bogor. Itu kelompok DI Jakata dan Banten dan juga Bogor,” terang pengamat yang dikenal dekat dengan unit di kepolisian yang mengejar kelompok teroris ini.

Secara umum, persiapan kelompok ini dimulai sejak Maret 2007, Saefudin zuhri saat itu juga melakukan kontak dengan kelompok Sumatera dan jaringan Jakarta, sasaran serangan di Sumatera antara lain kafe Bedudul di Bukit Tinggi.

dtc/fid

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…