Rabu, 5 Agustus 2009 11:54 WIB Internasional Share :

AS akui Ahmadinejad jadi Presiden Iran

Washington–Gedung Putih akhirnya menyatakan Ahmadinejad sebagai presiden terpilih Iran. Duta Besar Inggris untuk Teheran, Simon Glass, juga dijadwalkan menghadiri pelantikan Ahmadinejad yang akan digelar hari ini.

“Ini merupakan keputusan yang dilakukan warga Iran, mereka telah memilih pemimpin mereka. Dia (Ahmadinejad) adalah pemimpin yang terpilih,” ujar juru bicara Gedung Putih, Robert Gibbs, saat ditanya apakah Obama akan menerima kemenangan Ahmadinejad, seperti dilansir Reuters, Rabu (5/8).

Gedung putih enggan berkomentar lebih lanjut. Mereka berhati-hati untuk menyatakan legitimasi kemenangan pemilu Iran tersebut.

Sementara, seperti dilansir Telegraph.co.uk, Uni Eropa dikabarkan telah bersepakat untuk membuka ruang komunikasi dengan Iran meskipun tidak seperti situasi yang biasa dilakukan.

Sebelumnya dikabarkan,  empat pemimpin negara-negara Barat menyatakan tidak akan mengirimkan ucapan selamat kepada Ahmadinejad. Empat negara tersebut termasuk Presiden AS Barack Obama, Perdana Menteri Inggris Gordon Brown, Presiden Prancis Nicolas Sarkozy, dan Kanselir Jerman Angela Merkel.

Pelantikan Ahmadinejad yang akan dilaksanakan di depan parlemen Iran juga akan diwarnai aksi unjuk rasa. Kandidat oposisi lain yang menolak hasil pemilu 12 Juni 2009 akan menggelar demonstrasi di gedung parlemen yang bertepatan dengan acara inagurasi presiden terpilih tersebut.

dtc/fid

lowongan pekerjaan
NUSANTARA SAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….