News
Selasa, 4 Agustus 2009 - 11:22 WIB

PM Australia janji tak tarik pasukan dari Afghanistan

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Cairns–Perdana Menteri Australia Kevin Rudd, Selasa, berikrar tidak akan menarik pasukannya dari Afghanistan meskipun ada pernyataan dari satu komplotan kelompok garis keras yang ditargetkan pada pangkalan militer di Australia.

Rudd mengakui operasi Afghanistan, yang diklaim telah menewaskan 11 prajurit Australia pada bulan lalu, adalah suatu tindakan tidak populer, namun dia mengatakan hal itu perlu dilakukan untuk memutus peluang pelatihan kelompok gerilyawan.

Advertisement

“Ini adalah suatu hal yang sulit dan pertempuran terus berlangsung di Afghanistan, dan saya bisa menerima hal itu,” kata Rudd kepada wartawan.

“Saya juga bisa menerima bahwa tindakan itu tidak populer. Namun jika kami tidak mengatasi ancaman terorisme di berbagai tingkatan, kami harus memberantas tempat para pelaku teror itu dilatih.”

Rudd menyampaikan pernyataan tersebut setelah empat orang ditahan, dalam serangkaian serangan anti-teror di Melbourne yang menggagalkan upaya komplotan serangan bunuh diri terhadap pangkalan militer Australia dengan senjata otomatis.

Advertisement

Ia mengatakan penahanan tersebut tidak ada kaitannya dengan pemboman hotel di Jakarta bulan lalu, yang menewaskan tujuh orang termasuk tiga warga Australia.

ant/fid

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif