Selasa, 4 Agustus 2009 15:03 WIB Ekonomi Share :

Pertamina targetkan keuntungan Rp 20 triliun

Jakarta–PT Pertamina menargetkan keuntungan perusahaan pada 2009 mencapai Rp 20 triliun jika harga minyak stabil di atas 70 dolar AS per barel.

“Kalau harga minyak itu di atas 70 dolaran mungkin (pendapatan) antara Rp18 triliun sampai Rp 20 triliun. Semua tergantung harga minyak, kalau dia stabil saja di level itu,” kata Wakil Direktur Utama PT Pertamina, Omar Sjawaldy Anwar di sela-sela Asia Pasific Oil & Gas Conference and Exhibition 2009 di Jakarta, Selasa (4/8).

Menurut Omar, saat ini perusahaannya telah menikmati “windfall profit” dengan kondisi saat ini. Dalam Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) 2009 asumsi harga minyak ditetapkan 50-55 dolar AS per barel, namun realisasi harga lebih dari 60 dolar AS per barel.

“Jadi kita ada ‘windfall profit’. ‘Profit’ kita ‘forecast’-nya di atas Rp 12 triliun,”ujarnya.

Omar mengatakan, pada tahun lalu, saat harga minyak sempat menembus 140 dolar AS per barel, keuntungan yang didapat Pertamina mencapai Rp30 triliun.

“Tahun ini tergantung harga minyaknya,” katanya.

ant/fid

lowongan pekerjaan
PT.ARUTAMA BUMI STILINDO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…