Senin, 3 Agustus 2009 10:53 WIB News Share :

Tunjangan profesi guru direalokasi ke DAU

Jakarta–Pemerintah mulai tahun 2010 akan melakukan realokasi tunjangan profesi guru sebesar 8,9 persen ke dalam Dana Alokasi Umum (DAU).

“Rencana realokasi tunjangan profesi guru ke dalam DAU sejalan dengan semangat PP Nomor 41 tahun 2009 tentang Tunjangan Profesi Guru dan Dosen,” kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Pidato Pengantar RAPBN 2010 dan Nota Keuangan di depan Rapat Paripurna Luar Biasa DPR RI di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Senin (3/8).

Menurut Presiden, tunjangan tersebut diberikan kepada guru dan dosen yang memiliki sertifikat pendidik sebagai penghargaan atas profesionalitasnya, sesuai dengan kewenangannya.

“Meningkatnya alokasi anggaran diharapkan kesejahteraan guru dan dosen semakin membaik, sesuai dengan harapan rakyat sehingga mutu pendidikan akan lebih tinggi lagi,” ujar Kepala Negara.

Dalam rangka mendukung pelaksanaan desentralisasi fiskal, pada tahun 2010 alokasi anggaran transfer ke daerah direncanakan mencapai Rp 309,8 triliun.

Dari jumlah tersebut, alokasi dana perimbangan direncanakan mencapai Rp 293,0 triliun, atau naik Rp 7,7 triliun.

Karena itu, mulai tahun 2010 alokasi DAU dalam struktur APBN akan terdiri atas DAU murni, yang dialokasikan dengan menggunakan formula murni dan DAU tambahan untuk tunjangan profesi guru.

Di samping itu, kata Presiden, untuk melanjutkan kebijakan yang diambil pada tahun 2009 tentang penghasilan minimal golongan terendah guru sebesar Rp 2,0 juta per bulan, maka dalam RAPBN 2010 masih dialokasikan dana penyesuaian berupa tambahan tunjangan kependidikan bagi guru sebesar Rp 7,9 triliun.

ant/fid

lowongan pekerjaan
PT.ARUTAMA BUMI STILINDO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…