Senin, 3 Agustus 2009 12:37 WIB Internasional Share :

Pendiri PLO meninggal dunia

Beirut–Shafiq al-Hout, seorang anggota pendiri Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) meninggal dunia di American University Hospital, Beirut, Libanon. Kematiannya di usia 77 itu akibat penyakit kanker yang telah bertahun-tahun dideritanya.

Seorang pejabat di kedutaan besar Palestina di Beirut mengatakan, al-Hout, yang meninggal pada Minggu (2/8) itu akan dimakamkan di pemakaman Syuhada Palestina, di Beirut barat, Senin (3/8). Selama hidupnya, dia dikenal sebagai politisi dan penulis, yang merupakan tokoh penting dalam perjuangan Palestina untuk memperoleh pemerintahan sendiri.

Hout meninggalkan negara asalnya Palestina ke Libanon pada 1948 ketika negara Israel diciptakan, dan tetap di negara itu melalui perang saudara Libanon hingga meninggalnya. Pada 1964, ia mendirikan PLO bersama pemimpinya Yasser Arafat dan ditunjuk sebagai wakil pertama organisasi itu untuk Libanon.

Dia adalah anggota Dewan Nasional Palestina, parlemen di pengasingan, dari didirikannya pada 1964 hingga kematiannya dan menjabat sebagai utusan PLO untuk PBB dari 1974 hingga 1992.

Pada 1983 ia mundur dari komite eksekutif PLO bersamaan dengan penyair Mahmud Darwish. Hal ini sebagai protes atas penerimaan Arafat akan syarat-syarat perjanjian damai sementara Oslo yang mengakui negara Israel.

inilah/fid

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…