Senin, 3 Agustus 2009 10:36 WIB News Share :

Pemerintah siapkan langkah antisipasi dampak El-Nino

Jakarta–Pemerintah menyiapkan langkah antisipasi dampak El-Nino yang diperkirakan akan menyebabkan kekeringan pada akhir 2009 dan awal 2010.

“Langkah-langkah mengatasi dampak El-Nino telah dan terus dilaksanakan agar tidak menganggu ketahanan pangan,” kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Pidato Pengantar RAPBN 2010 dan Nota Keuangan di depan Rapat Paripurna Luar Biasa DPR-RI, di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Senin (3/8).

Menurut Presiden, langkah antisipatif yang dilakukan antara lain menjaga kecukupan cadangan beras melalui stok Bulog minimal 1,5 juta ton.

Pemerintah juga akan melanjutkan dan melaksanakan program beras bersubsidi untuk 17,5 juta rumah tangga sasaran (RTS) dengan jumlah 15 kg per rumah tangga selama 12 bulan.

“Harga pangan harus tetap terjangkau dengan jumlah yang cukup,” kata Kepala Negara.

Stabilitas harga pangan, khususnya beras dilakukan dengan menyediakan dana siaga untuk antisipasi situasi, yang besarnya sekitar Rp 1 triliun pada 2010.

Selain itu, pemerintah akan menjaga dan memastikan agar embung-embung, dam, dan bendungan air dapat berfungsi dengan baik.

ant/fid

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…