Senin, 3 Agustus 2009 18:50 WIB Pendidikan Share :

Mendiknas usulkan BOS SMP ditingkatkan

Jakarta–Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo mengusulkan anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk sekolah menengah pertama (SMP) terbuka ditingkatkan.

“Kondisi operasionalnya kan lebih berat, jadi ke depan saya minta untuk dicanangkan, untuk SMP terbuka itu BOS-nya lebih tinggi,” katanya usai membuka Lomba Motivasi Belajar Mandiri Bidang Keterampilan di Departemen Pendidikan Nasional Jakarta, Senin (3/8)

Selama ini, diakuinya, siswa SMP terbuka datang dari keluarga miskin. Kategori keluarga ini merupakan sasaran utama Bantuan Operasional. Maka, katanya, sudah sepantasnya jumlah BOS ditambah bagi siswa SMP terbuka karena operasionalnya lebih berat dari SMP biasa.

Selain BOS, Bambang juga berharap alokasi beasiswa bagi siswa SMP terbuka diperbanyak. “Kalau bisa semua peserta itu dapat beasiswa,” katanya.

Meski sifatnya terbuka, Bambang menegaskan siswanya juga mengikuti ujian nasional, bukan ujian kesetaraan atau kejar paket B.

Ia mengatakan konsep SMP terbuka sudah pas diterapkan di Indonesia karena tidak mungkin dengan geografi dan taraf ekonomi yang berbeda semua bisa dilayani oleh SMP biasa.

Konsep ini, ucap Bambang, merupakan penyesuaian sistem pendidikan di Indonesia. Nantinya, ujarnya, kemungkinan akan dibangun Sekolah Menengah Kejuruan Terbuka.

“Agar lulusan SMP terbuka bisa melanjutkan,” paparnya.

tempointeraktif/fid

lowogan pekerjaan
Supervisor Produksi, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….